Jumat, 24 Mei 2019

Kamu Harus Tahu, 4 Mitos Penyebab Flu yang Masih Banyak Dipercaya !

Kamu Harus Tahu, 4 Mitos Penyebab Flu yang Masih Banyak Dipercaya !

Ketika anak flu, kita sebagai orang tua sering mengatakan bahwa penyebabnya adalah kebanyakan minum es. Jika bukan es, maka makanan berminyak yang akan mejadi sasaran selanjutnya. Tapi benarkah penyebab flu adalah makanan? Sebenarnya flu atau influenza itu disebabkan oleh kontaminasi virus influenza yang biasanya disebarkan oleh orang yang menderita influenza. Jadi benar adanya jika anak kontak langsung dengan penderita flu, maka risiko untuk tertular juga akan besar.

Mitos Penyebab Flu yang Masih Banyak Dipercaya

Sebenarnya berbagai aktivitas maupun makanan yang anak makan, tidak dapat menyebabkan flu jika tidak terkontaminasi oleh virus. Namun, perlu digaris bawahi bahwa perilaku yang buruk dan makan yang tidak sehat dapat menurunkan kekebalan tubuh sehingga dapat mempermudah penularan atau memperparah kondisi jika sedang mengalami flu. 

Nah beberapa hal berikut ini sebenarnya tidak menyebabkan flu akan tetapi masih sering dianggap sebagai penyebab utama flu oleh sebagian orang. Yuk kita cek mitos apa saja yang masih dipercaya dapat memicu flu.

1. Meminum es

Bunda-bunda disini siapa yang sering menyalahkan anak yang flu karena minum es? Sebenarnya flu yang diakibatkan oleh konsumsi es itu hanya mitos ya Bun. Karena pada dasarnya, daya tahan tubuh saja yang sedang rendah. 

Selain itu, bisa saja proses pembuatan esnya yang tidak higienis dan terkontaminasi oleh virus influenza. Nah jika merasa kondisi tubuh baik dan es yang dikonsumsi bersih,  tentu akan terhindar dari influenza.

2. Kurang Istirahat

Nah ketika anak susah untuk tidur, sebenarnya yang sedang berkurang adalah daya tahannya ya Bun. Sehingga akan mudah untuk tertular virus jika temannya ada yang flu. Tidak perlu khawatir lagi ya jika anak kurang tidur dan takut terserang flu. Namun tetap usahakan untuk memastikan anak tidak kekurangan waktu untuk beristirahat supaya tidak mudah capai.

3. Cuaca Dingin atau Kehujanan

Ya, hujan dapat menjadi penyebab flu adalah mitos. Artikel kesehatan dari Harvard University membahasa mengenai flu dan tidak ditemukan hubungan antara udara dingin dan kehujanan dengan penyakit influenza. 

Tapi bukan berarti kehujanan menjadi baik, apalagi untuk anak-anak. Karena ketika kehujanan daya tahan tubuh kita melemah, penyebaran virusnya jauh lebih cepat dan akan memperburuk kondisi jika sebenarnya kita sedang membawa virus namun belum terlihat gejalanya

4. Orang yang tidak batuk pilek tidak dapat menularkan flu

Ini bisa saja disebut sebagai mitos karena faktanya, orang yang tidak menunjukan gejala flu bukan berarti tidak membawa virus ya. Sekitar 20 – 30% orang yang baik-baik saja ternyata membawa virus influenza dalam dirinya. Maka tetap diperhatikan betul mengenai peralatan makan dan kontak langsung si kecil supaya terhindar dari virus influenza

Lalu, jika anak sudah terlanjur mengalami flu apa yang harus dilakukan? Obat yang paling ampuh untuk meredakan flu adalah dengan beristirahat. Buatlah anak senyaman mungkin di tempat tidur untuk beristirahat. Jika flu memburuk, Bunda bisa berikan obat dari dokter semacam paracetamol atau ibuprofen. Memberikan makanan hangat juga akan membantu untuk melegakan tenggorokan dan pernafasannya.

Jangan lupa juga untuk tetap menjaga tubuh anak tetap hangat ketika terserang flu. Meminum banyak air putih juga merupakan usaha tepat untuk segera pulih. Kedepannya selalu jaga kesehatan si kecil dan jauhkan barang barang dan pola perilaku yang menjadi penyebab flu muncul. 

0 komentar:

Posting Komentar