Jumat, 01 Maret 2019

Lakukan 5 Tips Ini Agar Permainan Lego Semakin Menyenangkan


Lakukan 5 Tips Ini Agar Permainan Lego Semakin Menyenangkan

Permainan lego menjadi alternatif terbaik untuk si kecil agar tidak terlalu sering bermain gadget. Melihat gadget tidak akan membuat motorik anak berkembang dengan baik karena kegiatannya cenderung pasif. Lain halnya jika anak bermain lego, di mana kognitif dan motoriknya akan saling berkesinambungan.

Perlu diketahui juga bahwa aktivitas pasif dapat menurunkan kemampuan kognitif anak. Anak menjadi kesulitan fokus dan akan sulit diajak berkomunikasi oleh oleh orang lain. Oleh karena itulah Anda sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan anak bermain gadget dan menggantinya dengan aktivitas yang lebih membutuhkan daya pikir dan geraknya.

Salah satu permainan yang bisa dipilih adalah permainan lego. Buatlah permainan ini semakin menyenangkan dan mengasyikkan. Agar permainan semakin seru dan menyenangkan, tidak ada salahnya Anda menerapkan beberapa tips di bawah ini.
     
     1. Membangun Skenario

Langkah awal untuk permainan ini yaitu membangun skenario atau pun cerita. Ajaklah anak untuk membuat sebuah cerita yang paling ia senangi, semisal cerita tentang kerajaan atau pun lainnya.

Biarkan si kecil mengarang dan menentukan jalan ceritanya sendiri untuk mengembangkan daya imajinasinya.

     2. Buatlah Bentuk Favorit Anak

Setiap anak pasti memiliki bentuk favorit yang berbeda dengan anak-anak lain. Oleh karena itu, ajaklah anak untuk menyusun lego sesuai dengan bentuk favoritnya. Hal ini dilakukan untuk memunculkan minat anak dalam menyusun lego.

Asah juga kemampuan bahasanya dengan sesekali mengajukan pertanyaan tentang apa yang tengah disusun oleh anak. Tanyakan juga tentang warna yang digunakan, atau pemberian nama yang cocok untuk bentuk lego yang sedang dibangunnya.

3. Susunlah Bentuk-Bentuk  yang Sederhana

Ajakalah anak menyusun lego dari bentuk yang paling sederhana dengan tingkat kesulitan yang rendah. Berikan contoh cara menyusun bentuk lego yang paling sederhana agar anak dapat menirunya.

Setelah itu asah kemampuan pemahaman anak dengan sesekali membiarkannya menyusun bentuk yang telah Anda contohkan sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat anak.

4 . Bernyayilah Sembari Menyusun

Ajaklah si kecil untuk bernyayi sembari menyusun lego. Hal ini dapat menciptakan suasana santai dalam proses penyusunan lego. Pastikan memilih lagu anak sesuai tahapan usia si kecil ya! Bernyayi sembari menyusun lego dapat membuat si kecil lebih rileks dan bersemangat ketika menyusun lego.

5. Lego sebagai Gambaran Cita-Cita Anak

Cita-cita merupakan sebuah impian besar yang hampir dimiliki oleh semua orang, tak terkecuali anak. Permainan lego ini juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk mengenalkan apa itu cita-cita. Misalnya ketika si kecil memiliki cita-cita menjadi guru. Bimbinglah anak untuk membangun sebuah ruang kelas dengan lego.

Demikianlah 5 poin yang perlu Anda perhatikan untuk menciptakan suasana bermain lego yang menyenangkan. Saat ini sudah tersedia banyak permainan edukatif untuk anak. Anda tinggal memilihkan sesuai tahapan usia anak.

Memberikan mainan-mainan edukasi jauh lebih disarankan dibandingkan Anda membiarkan anak berjam-jam di depan gadget. Selagi anak belum ketagihan ada baiknya segera membatasi atau kalau bisa menghilangkan kebiasaan bermain gadget pada anak.

Akan tetapi, kendati sudah memberikan mainan edukasi untuk anak, usahakan untuk tetap mendampingi si kecil ketika bermain dan belajar. Selain lebih terarah, ini akan membuat bonding antara Anda dan anak semakin kuat. Bangunlah kedekatan dengan si kecil sejak dini, karena seiring perkembangan usianya, ia akan lebih sering menghabiskan waktu dengan teman-teman sebayanya.

0 komentar:

Posting Komentar